The Taking of Pelham One Two Three : ANOTHER GREAT REMAKE BY GREAT ACTORS


Pemain : Denzel Washington, John Travolta, James Gandolfini, John Turturro, Luiz Guzman

Sutradara : Tony Scott

Durasi : 106 Menit

Genre : Thriller

   Empat orang bersenjata yang dipimpin oleh seseorang bernama Ryder (John Travolta), membajak sebuah kereta bawah tanah (subway) di New York dan menahan sejumlah sandera serta menuntut uang sebesar USD 10 juta untuk dikirim dalam waktu tepat 60 menit sebelum mereka mulai membunuh sandera. Di sisi lain, seorang dispatcher (orang yang memiliki otoritas dalam mengizinkan kereta berjalan) bernama Walter Garber (Denzel Washington) didemotasikan ke bagian Pusat Kontrol Kereta (Rail Control Center) karena tersandung kasus penyuapan. Karena Garber ditempatkan di bagian ini, maka ketika Ryder mengajukan tuntutan kepada Pusat Kontrol Kereta ia langsung berbicara dengan Garber. Ryder dan Garber terlibat pembicaraan yang krusial yang menyangkut nasib para sandera dan tentu saja, uang sejumlah USD 10 juta.

   Film ini merupakan remake dari novel berjudul sama yang dikarang oleh Morton Freedgood (yang menggunakan nama samaran John Godey) pada tahun 1973. Lalu setahun kemudian diangkat ke layar lebar yang dibintangi Walter Matthau, Robert Shaw, Jerry Stiller, and Martin Balsam. Pada tahun 1998,The Taking of Pelham One Two Three juga sempat di-remake kedalam acara televisi dengan aktor utama Edward James Olmos.

   Kedua aktor utama kawakan yaitu Denzel Washington dan John Travolta yang juga pernah memenangi Golden Globe Awards ini tentu saja tidak diragukan lagi kualitasnya dalam bermain film. Mungkin masih kental dalam benak kita peran Travolta dalam Saturday Night Fever, Swordfish, maupun Get Shorty. Adapun Denzel Washington sangat populer di kalangan aktor Hollywood, antara lain dipicu perannya dalam The Manchurian Candidate, Inside Man, maupun American Gangster. Film ini adalah film kelima dari duet Washington dan Tony Scott sebagai sutradara, sehingga tentu chemistry antara sutradara dan aktor utama dalam film tentu sudah terbentuk dengan rapi. Yang patut diingat adalah jangan harap ada akting kocak John Turturro dalam dua film Transformers akan terulang di film ini. Meskipun aksen Italia masih menjadi ciri utama Turturro yang juga masih ada dalam film ini, peran serius ternyata dapat juga diberikan Turturro lewat film ini. 

   Cerita dan suasana yang dikembangkan sepanjang film mayoritas dibangun oleh dialog Travolta dengan Washington dan adegan tembak-tembakan tidak mendominasi alur film ini. Pengambilan setting tempat juga sudah bagus (di Pusat Kontrol Kereta dan subway) dan sangat sesuai dengan inti dari film ini. Bumbu thrill film ini juga diperkuat oleh dukungan aktor lain seperti John Turturro (Transformers) maupun Luis Guzman (Yes Man). Kekurangan film ini secara umum alurnya sudah dapat ditebak, sehingga thrill dari film ini berkurang. Meskipun film ini tidaklah sangat istimewa (pengertian sangat istimewa menurut saya untuk film thriller adalah The Dark Knight), skenarionya cukup kuat tidak seperti G.I. Joe maupun Transformers 2 : Revenge of the Fallen yang mementingkan visual effect. Nilai tambah lainnya adalah film-film seperti ini juga selalu dan akan selalu enak untuk ditonton (apalagi ada aktor sekelas Denzel Washington dan John Travolta), meskipun secara komersial, tidak menarik pendapatan sekencang Transformers 2. Secara keseluruhan, film ini menyuguhkan quite a thrilling action and worth watching.

OVERALL SCORE : 85

 

REFERENSI : Wikipedia. The Taking of Pelham 123 (2009 film). http://en.wikipedia.org/wiki/The_Taking_of_Pelham_123_(2009_film)

  

5 komentar:

Lukas Prakoso mengatakan...

Silakan tinggalkan komentar Anda.

christary mengatakan...

antiklimaks tapi endingnya.
kurang menggigit. n kurang jelass.
overall oklahh. 75

Selfish Jean mengatakan...

Ini film endingnya kurang greget. Tapi tetep, gue suka banget John Travolta keren abis! :)

Anyway, am adding your link into my blog, Dek! :)

Lukas Prakoso mengatakan...

@ Christa:
Makasih

@ Monmon:
Makasih

Satria mengatakan...

Gw nonton filmnya Kas. The film was great; tapi bener-bener kekatrol sama performanya Denzel Washington sama John Travolta.

Kebetulan menurut gw bagus soalnya gw penggemar keduanya (terutama si abang Denzel). Tapi menurut gw kalo yang main film ini bukan si 2 orang itu, pasti filmnya biasa aja dan gak sekeren itu. Betul kan? Hehe